We Share A Brain

Menganalisis Ancaman Terhadap Keamanan Jaringan

Assalamu’alaikum. Hallo Silent brother apa kabar? Semoga Silent Brother dalam keadaan baik. Nah kali ini kami akan memberi sedikit ilmu tentang Network Security,dengan judul Menganalisis Kemungkinan Potensi AncamanDan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan. Ok tanpa basa-basi langsung saja ke intinya :v 


Jaringan komputer di ibaratkan nih sebagai tulang punggung dari teknologi informasi diharapkan dapat menyediakan layanan yang aman bagi penggunanya. Nah, layanan yang aman tersebut termasuk hak akses pengguna lain terhadap data. Oleh karena itu Silent Brother dalam suatu jaringan komputer perlu dilakukan analisis aspek confidentiality yang merupakan salah satu aspek dari keamanan informasi. Analisa keamanan jaringan perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana status keamanan jaringan. Analisa awal terhadap status keamanan jaringan adalah sebagai berikut :
 



1. Mengenali Ancaman Terhadap Network Security
 

Langkah awal dalam mengembangkan rencana network security yang efektif adalah dengan mengenali ancaman yang mungkin datang. Dalam RFC 1244, Site security Handbook, dibedakan tiga tipe ancaman : 1. Akses tidak sah, oleh orang yang tidak mempunyai wewenang. 2. Kesalahan informasi, segala masalah yang dapat menyebabkan diberikannya informasi yang penting atau sensitif kepada orang yang salah, yang seharusnya tidak boleh mendapatkan informasi tersebut. 3. Penolakan terhadap service, segala masalah mengenai security yang menyebabkan sistem mengganggu pekerjaan-pekerjaan yang produktif.


 

2. Port Scanner

Port Scanner adalah program khusus yang dirancang untuk menemukan layanan apa saja yang dijalankan pada host jaringan. Jadi,penyerang harus mengetahui kelemahan target sebelum dia melakukan serangan. Penyerang akan mencari tahu kelemahan yang ada pada layanan tersebut jika port terbuka. Contohnya nih : Silent Brother di ibaratkan sebagai penyerang,nah Sebelum Silent Brother masuk ke medan pertempuran (penyerangan). Silent Brother harus mengetahui dulu apa saja kelemahan yang dimiliki oleh Si Target. Terdapat beberapa tool yang dapat digunakan untuk menganalisa celah dalam keamanan jaringan, yaitu nessus, nmap, wireshark, dan lainnya



























 

3. NMAP

Nmap (Network Mapper) adalah sebuah tool open source untuk mengeksplorasi dan audit keamanan jaringan. Nmap menggunakan IP raw untuk menentukan host mana saja yang tersedia pada jaringan, layanan, sistem operasi, jenis firewall dan sejumlah karakteristik lainnya. Nah selain open source NMAP memiliki keunggulan,diantaranya adalah :


- Nmap dapat digunakan dalam jaringan berskala besar. 
- Nmap dapat berjalan diberbagai macam sistem operasi.
- Mudah digunakan
- Gratis tentunya,alias Free :v
- Dokumentasi program Nmap lengkap dan terbaik.




4. Aktor Penyerang

Terdapat 2 jenis aktor dari serangan yang diluncurkan pada jaringan, yaitu:
 

- Hacker
Para ahli komputer yang memiliki kekhususan dalam menjebol keamanan sistem komputer dengan tujuan tertentu,misalnya dendam atau semacamnya :v

- Cracker
Penjebol sistem komputer yang bertujuan untuk melakukan pencurian atau merusak sistem. Ini lebih dominan-Nya perusak,Silent Brother.


 

Nah Silent Brother kira-kira yang mana? :v

Udah dulu ahh,saya cape ngetiknya,Brother :v Dan jika Silent Brother punya pertanyaan,kritik,dan juga saran. Bisa tulis di kolom komentar.


Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih. Wassalamu’alaikum Wr.Wb

SALAM SILENTBROTHER!
Labels: info

Thanks for reading Menganalisis Ancaman Terhadap Keamanan Jaringan. Please share...!

1 Comment for "Menganalisis Ancaman Terhadap Keamanan Jaringan"

Back To Top