We Share A Brain

Pengertian dan Cara Kerja DHCP Server

Assalamu'alaikum Wr.Wb
          
        Apa kabar Silent Brother? Baik bukan,tentunya bagi Silent Brother yang bertanya - tanya tentang DHCP Server. Nah Silent Brother beruntung sekali. Karena,kami akan memberi sedikit ilmu kepada Silent Brother dengan judul Pengertian & Cara kerja DHCP Server
  • Pengertian DHCP Server 
                        DHCP (Dynamic Host Control Protocol) adalah protokol pengalamatan host secara dinamis. Di bagian ini pengalamatan IP bisa dilakukan secara dinamis dan otomatis. Contoh kasusnya : Apabila dalam sebuah jaringan diwajibkan memberi IP satu per satu dengan manual, maka akan memakan waktu yang sangat lama. Misalkan ada jaringan dengan pengguna 1500 orang, maka akan membutuhkan pengaturan alamat IP secara manual di tiap komputer sebanyak 1500 kali. 
Karena itulah DHCP ada, sehingga komputer host tetap bisa terhubung dengan jaringan secara otomatis meskipun tidak mendapatkan IP address sesuai yang diminta, tapi sudah pasti akan mendapatkanya apabila IP masih tersedia dan DHCP server berjalan normal.


  • Cara Kerja DHCP Server 
                      DHCP server bekerja dengan cara menawarkan diri sebagai DHCP server dan menawarkan IP kepada host yang terhubung. Host akan meminta alamat IP kepada DHCP, lalu DHCP server akan memeriksa apakah masih ada alamat yang tersedia, dan alamat apa saja yang tersedia itu. Setelah diketahui adanya alamat yang tersedia. Maka DHCP server akan memberikan kepada host tersebut alamat tersebut


        Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi Silent Brother,dan jika mempunyai sedikit pertanyaan,boleh tanya di kolom komentar. 
       Akhir kata kami ucapkan Terima Kasih. Wassalamu'alaikum Wr.Wb





  .
Labels: info

Thanks for reading Pengertian dan Cara Kerja DHCP Server . Please share...!

1 Comment for "Pengertian dan Cara Kerja DHCP Server "

Back To Top